Sabtu, 20 Desember 2014

Kerja Rotasi di Perminyakan, Enak apa enek? (Part 3-Habiss!!)


Gimana Kang? Udah lama nih sampean enggak lanjutin cerita kemarin, atau jangan-jangan memang enggak ada seneng-senengnya ya kerja Rotasi itu? Kalo denger omongan sampean yang kemarin itu ane jadi enggak kepingin kerja rotasi. (Baca Part 1 dan Part 2 nya)


Ya enggak apa-apa lek.., masih banyak orang lain yang mau.., ratusan bahkan mungkin ribuan orang..,

Lho kok gitu kang? Kan enggak enak?

Itu kan menurut kamu lek..,


Begini saja, kakang kasih satu cotoh saja, Kamu apa enggak suka Jalan-jalan lek?

Suka kang..

Kalo Jalan-jalan gratis?

Wuih apa lagi kang.. Pengeen..

Kalo Jalan-jalan Gratis terus biaya makan juga dibayarin?

Tambah seneng kang..

Ditambah uang saku?

Hehehe... ah emang ada?

Di gaji juga...

Wkwkwkwk... Impossible kang..., Impossible...

Lah ini yang aku rasakan, salah satunya..

Ooo.. ya..????

Lokasi pertama kakang, Jalan-jalan ke Bekasi, berangkat diantar, pulang dijemput, disana makan gratis, kalau ada waktu luang bisa pergi ke mall sekedar cuci mata dan makan dikota.. dibayarin lho ya...,

Hahaha... ke bekasi doang pake Bangga.., kakang... kakang...

Enggak seru ah.., hehehe... bekasi.. bekasi..

Oooo.. enggak seru ya?

Ya enggak banget lah.., bekasi doang..,hihihi..

Okay.. Pernah ke Riau? Naik Pesawat, ke Pekan Baru, Duri, bagaimana pesatnya pembangunan disana, atau ke Kepulauannya di selat malaka seperti di Selat panjang, bagaimana orang-orang pedesaan sana, bagaimana mereka hidup dengan sederhana.., bisa menyaksikan bagaimana indahnya Indonesia.., atau Bagaimana dengan Hidupnya kota Balikpapan, Kota impian yang setiap orang yang pernah datang kesana, rindu ingin kembali. Samarinda, Menyaksikan fenomena pendatang yang menjadi mayoritas mengalahkan penduduk Lokal.., Bontang, Badak, daerah timur Indonesia.. disana banyak sekali lapangan-lapangan minyak.., seperti di Papua dan lain-lain dengan keindahan alam yang memukau..

Tole.., Bekerja Rotasi yang kakang rasakan di Service company, tidak akan merasa Jenuh dengan satu tempat. Seperti orang yang kerja setiap hari pulang pergi ke kantor dengan rute perjalanan yang sama, teman-teman yang sama, kesibukan yang sama, komputer yang sama, meja yang sama, warna yang sama, datar..., Bekerja rotasi berdasarkan pengalaman kakang, penuh dengan warna, lembar demi lembar yang berbeda. Walaupun tipe pekerjaan yang sama, Prosedur yang sama, dan dengan alat yang sama, tetapi karakteristik sumur berbeda,lapangannya beda, maka bukan Cuma feelingnya saja yang berbeda, fikiran dan otakpun harus berfikir berbeda, walaupun dasarnya sama. Bukan itu saja, seringnya setelah beberapa waktu kemudian, kita pindah ditransfer ke lokasi lain, lapangan lain, desa yang lain, kota yang lain, dengan suasana yang baru, berinteraksi dengan penduduk lokal yang lain, adat istiadat yang berbeda, semua menjadi Fresh. Bila dibayangkan, terlihat kamu harus beradaptasi lagi dan lain-lain.., tetapi itu hanya dalam benak fikiran saja. Saat menjalaninya.., kamu akan menikmatinya lek.., for sure.

Nah kalau nasib kita baik, bahasa Inggris juga bagus.., ada kesempatan buat go International.., ke Asean misalnya, China, Middle East, Russia, North sea.., yang tentunya bisa dibayangkan pengalaman seperti apa yang akan didapatkan disana... dengan satu catatan tole.., semua Tiket dan Biaya hidup disana.., ada yang nanggung.., Tentu saja digaji lek.. lawong judulnya kerja..

Ladalah.. kok jadi skak mat gini...,

Memang bila tidak ada keperluan untuk training, pengurusan dokument dan lain-lain, mungkin tinggal dikota hanya sekedar satu atau dua hari saja.., selebihnya.., ya kamu mesti tinggal dilokasi dimana sumur-sumur minyak berada.Tapi toh tidak semua lokasi minyak ada dipedalaman, kakang contohin seperti Duri.., tinggalnya di kota lek.., lawong lokasi minyaknya deket ajah.. enggak sampai 30 Km.., Meskipun lokasinya di remote area seperti ditengah Padang pasir dan sebagainya.., Fasilitas disanapun tidak bisa anggap remeh, memang tidak semua tempat, tetapi ada beberapa fasilitas-fasilitas yang mirip-mirip hotel bintang lima.., dicatet ya Lek.., Kamu enggak perlu Bayar..

Ane terpana...


Enggak usah ngurusin nyuci bajunya gimana, itu udah ada yang mikirin.. Kamar sudah ada yang ngebersihin.., Makanan ya tentu sudah ada yang masakin.., tinggal lep.. tinggal lep.., Mau makan banyak atau sedikit semua sama lek.., kamu enggak usah bayar..,

Liburnyapun menyenangkan lek..

Emang gimana kang?

Lha gimana ga mantap, libur 7 Hari berturut-turut.., atau sampai 3 Minggu, Bahkan sebulan.. Liburan panjang lek.. catet juga, tetep digaji lho lek...,

Silahkan kamu bayangkan sendiri lek nganggur sebulan ama keluarga mau ngapain terserah, kan setiap orang interestingnya beda-beda mau diisi apa waktunya.., Cuma ya dicatet lagi baik-baik lek.., enggak usah khawatir rekening kosong.., toh Akhir bulan ada yang ngapdate..

Wis Mumet dengkule ngebayangakene kang.., hahaha..

Dan Ternyata Lek kerja seperti ini membuat keluarga selalu mesra lek..,

Ah masa iya kang? Dasarnya apa? Dalilnya mana? Ini Fatwa apa gimana kang?

Aahh.. Tole.. tole.. kamu Pernah kangen sama Istrimu Lek?

Enggak kang..,

Lho kok bisa..?

Yah kakang gimana.. ane kan masih belum punya istri kang..

Hahaha... Belum punya toh.., ya sudah, Pernah kangen sama Pacarmu enggak?

Kakang jangan tanya yang macam-macam lah..,

Ane Jomblo kang... Jomblo...,

Jiiaaah.. Hehehe.. Maaf lek..,bukan maksud hati lek.., tapi kakang jadi bingung buat ngejelasinnya.. Begini deh..,

Kapan kamu merasakan nikmatnya Sehat? Tentu saat kamu sakit Lek

Apa hubungannya kang?

Maksudnya begitulah bagaimana hati dan perasaan bekerja pada manusia.., saat kamu tidak memiliki sesuatu, atau hal tersebut tidak ada dalam jangkauan, kamu akan merasa betapa berharganya hal itu. Tetapi saat hal itu ada dalam genggamanmu,memang tidak selalu. terkadang kamu tidak menempatkannya dengan sesuai atau bahkan menyia-nyiakannya.

Garuk-garuk kuping tambah enggak Paham..

Contoh langsung bae lah lek.., kakang kan udah cerita tuh gimana enggak enaknya kerja rotasi.., nah.., tentu saja tidak semuanya negative effec bila kita bekerja jauh dari keluarga, contoh sederhananya, Rasa kangen dan cinta dengan anak istri akan terus tumbuh menjadi lebih besar, karena jarak.., seperti saat masa-masa pacaran, sesibuk apapun kita, sesusah apapun signal dilokasi kerja.., tetap berusaha untuk bisa menghubungi keluarga, ngobrol lama-lama dan lain-lain, jadi bayangin sendiri gimana mesranya saat kakanda pulang..., selain itu, Ketidaknyamanan yang kami rasakan yang tumbuh sedikit demi sedikit saat jauh dari keluarga, dalam sekejap hilang lenyap tanpa bekas.., saat manager mengatakan “No Problem, you can go home tomorrow, I will arrange everything for you..”. betul lek.., saat tiket pulangmu sudah di-approved oleh manager, kerja secapek apapun.., masalah sebesar manapun.., enggak kerasa lek.., Indah rasanya kalau kakang inget moment-moment itu...

Jadi Pengen Kerja Rotasi kang..

Ada lowongan ga buat ane kang...

Kang.. kang.. yah.. orangnya udah madal sarung, mangap cangkeme...

Tidak ada komentar: