Senin, 15 Desember 2014

Kerja Rotasi di Perminyakan, Enak apa enek? (Part 2)

Maaf Kakang  Teteh semua.., Obrolan dengan si Tole kemarin terputus gara-gara segelas kopi.  Nah sekarang ceritanya mau dilanjutin lagi ini topik, sementara si tole masih mengaduk kopi, maka bagi yang belum menyimak obrolan sebelumnya mangga di baca dulu artikel part 1-nya disini, biar paham tidak ada multi tafsir. Karena masalah perminyakan ini kan menyangkut hajat hidup orang banyak, dan sangat sensitif terutama kalau sudah menyangkut ekonomi minyaknya.

Nah ini.., belum satu paragraf omongan sudah ngelantur tinggi-tinggi gara-gara kopi belum datang. :mrgreen: :mrgreen: 


Kembali ke pokok pembicaraan, Sebetulnya masih banyak lagi hal-hal menyedihkan karena efek kerja Rotasi diperminyakan seperti :
  

1. Bekerja Jauh dari keluarga, Jauh dari keramaian, jauh dari kenyamanan, Jauh dari kelayakan.


Punten Ini kang kopinya disruput dulu biar bahasa penulisannya enggak jauh-jauh.. :mrgreen:


Tole.. tole.. bikin kopi kok lama… sementara kakangmu nyeruput kopi kamu lanjutin lah ke-enekan kerja rotasi.


Siap kang.., kalo menurut ane nih, enggak enak alias eneknya itu:


2. Enggak bisa leluasa nonton siaran langsung sepak bola kalo lagi on dutty terutama waktu piala dunia kemarin, kan walaupun nasib baik ada siaran TV, kita tetep harus atur jadwal istirahat lawong kerjaannya penuh resiko dan bahaya. Jadi mesti sehat secara fisik dan mental supaya menghindari kecelakaan kerja tooh? Bener ga kang?


Kopine mantap lek.. lanjutin aja ceritanya…


Yang suka Moto GP apalagi kang, wis bisa bisa kriting matane :mrgreen: engga bisa nonton live race gara-gara berbenturan dengan waktu istirahat atau tugas.. kan hampir tiap minggu Jam tayangnya rubah karena sirkuitnya pindah-pindah setiap race. Sementara waktu kerjanya sama, alias tetap bin monoton..,

Nah yang bikin jenggotan Jidate kalo crew yang suka ama sinetron…, haha :mrgreen: :mrgreen: 


Emang ada Lek?


Yang ini enggak usah dibahas kang nanti ada yang tersinggung.. :mrgreen: 


3. Enggak bisa lihat cewek, lawong temen kerjanya “batangan” semua terus didaerah terpencil engga ada yang seger-segernya… ngerasa tooh? :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: 


Husssshhhh……. Coret dicoret lek.. Ngawur kamu ini… ganti diganti… Enggak sopan itu..


Lho kenapa kang, kan kenyataan toh? :mrgreen: :mrgreen: 


Wis nanti kakang jelaskan dibawah..,


Yaaah… ya wis lah

Maafin ane saudara-saudara.., Dicooorrreeet…:mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: 


3. Enggak bisa lihat cewek, lawong temen kerjanya “batangan” semua terus didaerah terpencil engga ada yang seger-segernya… kebanyakan, setelah periode tertentu, mereka pada sering lupa sama hari & tanggal. Untungnya ada banyak teknologi yang mengingatkan seperti handphone dan jam tangan, kalau tanggal merah jangan ditanya.., simpelnya silahkan iseng-iseng bagi teteh-teteh yang bersuami orang yang kerja rotasi diperminyakan Tanya tanggal pernikahan, hari ulang tahun teteh atau anak dan momen-momen penting lainnya sama kakanda tercinta. Tapi seperti yang ane bilang diatas, Cuma kebanyakan dari mereka yang lupa. Artinya tidak semua. Hehehe..


Tole.. Tole.. kamu cerita ndlosor kesana kemari.. yang lebih bermanfaat kalo sharing biar berbagi pengalaman gitu.., wis kakangmu ajah yang ngelanjutin.


2. Pada saat ada….


Tunggu kang.. tunggu..

Kok Nomer 2 lagi…. Kan ane udah cerita ampe No. 3 Barusan.. kakang lanjut nomer 4 lah.. masa balik lagi ke 2 terus 1 gitu, 0, minus… susaah ngitungnya kang… 


Ya gimana lek.. ceritamu itu becanda terkesan enggak serius kayaknya...


Aduh kaang.., itu real kang..,  ane sudah survey.., No. 3 yang ane coret juga itu akurat kang..   Cuma dikit doang dikasih majas hiperbola.. :mrgreen:

Kalau tidak takut dosa, coretannya diganti garis bawah itu kang.. :mrgreen: :mrgreen:  [Bacanya pelan-pelan]


Ya wis lah ngalah..


4. Pada saat ada masalah-masah tertentu dirumah yang menyangkut pekerjaan lelaki sementara kita sedang on duty, ada perasaan rumit & serba salah ke istri, terutama buat mengatur kata-kata yang baik ke istri untuk sedikit sabar dan kalau tidak keberatan istri yang menyelesaikan dengan cara tertentu. Maka beruntunglah bagi kawan-kawan yang punya anak laki-laki yang bisa diandalkan, atau adik, kakak, saudara laki-laki yang dekat dengan rumah kita bisa menolong ketidakmampuan kita karena jarak yang terpisah.


Maksudnya gimana kang? Belum paham ane.


Contoh: genteng rumah bocor.., Mesin cuci rusak, Pompa air mati.., Air Galon Habis, atau Listrik mati karena masalah konsleting tengah malam. Masa iya kamu tega lek.., ngebiarin istri naik ke atap atau motong2 paralon pompa air terus ngangkut tuh pompa ke tukang service, apalagi ngangkat air gallon yang beratnya hampir 20 Kg. Membayangkan saja kakangmu enggak sanggup lek…


Wuidiiih wanita Perkasa itu..


Lah kakangmu  ini tinggal dilingkungan yang tetangganya masih family semua, ditambah mereka baik-baik dan saling bergotong royong membantu bila ada masalah, itupun masih saja was-was..

Coba bayangkan teman-teman yang tinggal merantau jauh dari kerabat, atau baru menempati perumahan baru yang belum kenal daerah itu ataupun tetangganya.. Anak sakit.., atau bahkan Istri tercinta yang drop…, bisa sariawan itu rambutmu leek… :mrgreen: 


Waduh kang Panjang dan sedih penjelasannya…


Ini yang menurut kakangmu paling menyedihkan lek..


5. Kamu enggak bisa menyaksikan dengan sepenuh waktu pertumbuhan anak-anakmu.., karena 2/3 waktumu tersita oleh pekerjaan.., Apalagi dalam Islam adalah hak anak untuk mendapatkan pendidikan Ahlak dan Ilmu agama dari Orang tua.., Itu tugas mu lek.., istrimu Cuma bantu kamu, ustadz yang ngajarin ngaji juga sama. Jangan kamu percayakan 100% urusan akhirat sama orang lain.., Bahaya lek.. bisa nyesel nanti.., Urusan pendidikan dunia kamu boleh percayakan sama orang lain, karena mereka lebih pakar. Tapi kalau masalah akhirat walaupun kamu tidak pandai, tapi kamu wajib buat lihat, control, bila mampu kamu yang ajarkan. Masa ngajarin Alfatihah ajah mesti nyuruh ustadz, kan kamu bisa. Pahalanya buat kamu itu.., setiap bacaan Alfatihah anakmu dalam shalat ataupun diluar shalat kamu akan mendapatkan pahalanya, karena kamu yang ajarkan. yang namanya ilmu yang bermanfaat ya itu, yang 3 Amalan yang tidak akan terputus walaupun kita sudah mati. Ada Hadits-nya itu, Sahiiiih…..


Setop kang.. setop kang..Setop kang.. nafas dulu…

Kok jadi ceramah agama gini kang.., aduuh mbleber kemana-mana…… oil spill ini kang. :mrgreen: :mrgreen: 


Maaf lek.. terharu sama tersindir kakangmu ini.. Maaf ya lek.. 


Ya wis dilanjut lagi kang..


Sudah lah lek ini kan pas ganjil, sunah yang ganjil lek.., biar kakang-kakang ama teteh-teteh yang menambahkan dikolom komentar selebihnya.


Asssiiiik.. setuju ane kang.

Lah terus obrolan kita selesai? Gitu? Artikelnya Kok enggak seru kayak yang pertama jadinya kang?


Ya ini kan yang enggak enaknya kerja rotasi.. kita tinggal bahas yang enak dan mantap nya..


Wuiidiiih.. buka setitik jossss….. buka rong titik Joss.. Joss… 


Tapi ini terserah kamu lek.., kopinya kan sudah dingin nih walaupun baru separuh diminum. Kamu tau kan lek, enggak nikmat nyeruput kopi dingin tuuh..


Trus maksudnya gimana kang? Kok ga nyambung sih?


Ya kamu terjemahin sendiri lek..

Kan kamu tau kalo cerita engga sambil nyeruput kopi bisa ngelantur kesana kemari.. 


Hahaha… alus amat kang minta kopinya.. hehehe..

Tunggu kopi dulu ya kang..

2 komentar:

Jayadi Ar Rahman mengatakan...

Suka nulis juga ternyata kang tarwa ini, heeeeee (y)

Unknown mengatakan...

Kadang-kadang Kumat di..,